Kamis, 29 Maret 2018

RUMPUT VETIVER, RUMPUT AKAR WANGI, RUMPUT TEBING PENAHAN LONGSOR

JUAL RUMPUT VETIVER | SUPPLIER RUM[UT VETIVER TERBESAR | KUALITAS RUMPUT TERBAIK | AGEN RUMPUT AKAR WANGI

 
Tanaman Vetiver termasuk dalam spesies vetiveria zizanoldes dan famili graminac. Bagian tanaman vetiver yang berada di dalam tanah terdiri dari sejumlah akar-akar halus berwarna kuning pucat atau abu-abu sampai kemerahan. Akar tersebut mengandung minyak atsiri dengan kadar vetivero yang berwujut cairan kental dengan bau halus dan tahan lama. Tanaman Vetiver telah banyak di budidayakan terutama sebagai tanaman “agrobis” didaerah garut Jawa Barat kerena mempunyai nilai ekonomi tinggi yang akarnya dapat dimanfaatkan sebagai minyk atsiri untuk bahan pewangi / parfum,sehingga tanamnnya disebut sebagai tanaman Akar wangi. Akar vetiver kering dapt digunakan sebagai bahan pewangi atau pengharum pakaian. Produk akar vetiver kering untuk setiap hektar lahan sebesar 5 ton per tahun dengan kandungan minyak atsiri rata-rata 1.50%. 

- Syarat tumbuh Rumput Vetiver
Tanaman akar wangi atau dalam bahasa Tamil disebut Vetiver mempunyai sifat dapat tumbuh pada kondisi tanah dan iklim yang ekstrim. Tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik di tanah geluh pasiran dan berdraenase baik. Vetiver tumbuh rimbun pada daerah yang mempunyai curah hujan rata-rata tahunan antara 1000 – 2000 mm dan pada suhu antara 21 – 44.5 C, namun demikian tanaman ini dapat tumbuh pada suhu di atas atau dibawahnya.
Di Roma, vetiveria zizanoides dapat bertahan hidup pada kondisi bersalju selama 18 hari dan suhu –11C, termasuk 8 bulan dimana suhu berada titik beku dan pada ketinggian 650 m di ataspermukaan laut dengan curah hujan musim dingin 1100 mm.
Di India, vetiver dapat tumbuh pada ketinggian 2300 m dpl di pegununga Himalaya vetiver tersebut tidak hanya bertahan hidup pada udara dinggin yang ekstrim tetapi juga dapat bertahan hidup pada tanah pegunungan yang mengalami erosi. Tanaman vetiver yang seluruhnya tergenang air sungai dengan kedalaman lebih dari 1 meter selama 45 hari, ketika dikeringkan ternyata tanaman tersebut tumbuh lagi tanpa ada tanda-tanda mengalami stress.
Karakteristik fisiologi yang menguntungkan dari tanaman vetiver antara lain adalah :
  1. Mempunyai densitas perakaran yang tinggi dan kedalaman melebihi 2 meter di bawah permukaan tanah. Sistem perakaran yang sangat lebat dapat memegang tanah dengan kuat sehingga dapat memperteguh agregat tanah.
  2. Mempunyai tegakan batang yang kuat dan rapat, sehingga sediment yang terangkut oleh air akan tertahan pada bonggol-bonggol tanaman vetiver.
  3. Tahan terhadap kekeringan dan kelebihan air.
Mengingat karakteristik fisiologi tersebut maka tanaman vetiver dapat dimanfaatkan sebagai tanaman konservasi untuk memperkuat tanggul dan bantaran sungai serta bangunan-bangunannya. 

Menjual bibit rumput vetiver / akar wangi, partai besar & kecil.

Info dan Pemesanan
Mahmudin
Telp / WA : 081319853854





0 komentar:

Posting Komentar

Bibit Rumput Vetiver Murah | Agen Rumput Vetiver | Bibit Rumput Akar Wangi | Jual Bibit Rumput Vetiver | Vetiveria Zizanioides

SUPPLIER BIBIT RUMPUT VETIVER | RUMPUT AKAR WANGI | AGEN RUMPUT VETIVER | AGEN RUMPUT VETIVER. Rumput Vetiver / Rumput Akar w...